Perjalanan Menggapai Cinta


Belajar tentang cinta yuk…
Berbicara tentang cinta, siapa sih yang nggak tau semua orang pasti merasakannya. Membicarakan tantang cinta nggak bakal habis- habisnya dech… tapi di sini aku mau berbagi sedikit tentang jenis- jenis cinta. Dengan membaca fhamfa’s blog kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran tentang cinta yang positif. Owh ya mudah-mudahan setelah membaca earlfhamfa’s blog kamu mendapatkan inspirasi.

1. Tanda-tanda orang yang jatuh cinta
Dalam cinta ada tanda-tandanya loh.. orang yang cerdik mampu mengenalinya dan orang yang cerdas mampu menunjukkannya.
Tanda pertama adalah pandangan mata. Pandangan orang-orang yang jatuh cinta takkan berpaling dari orang yang dicintainya.
kedua dari cara sebuah percakapan. Orang yang sedang jatuh cinta akan selalu melayani percakapan orang yang di cintainya. Ia benarkan segala ucapan sang tercinta, meski ucapan itu bohong.
Ketiga yaitu bisa dilihat dari gerakan tubuh-tubuh orang yang jatuh cinta. Ada dua macam, ada yang segera mendekati tempat orang yang dicintainya. Di sana ia segera duduk berdekatan sampai kakinya enggan menjauh dari sang pujaan. Ada juga yang sengaja menjauh dari sang pujaan lantaran malu.
Keempat, adanya keraguan dan kegembiraan yang tergambar dari wajah sang pencinta kala tiba-tiba bertemu sannng pujaan. Terkadang bisa gugup juga sich ketika berpapasan. Jangankan berpapasan mendengar namanya pun bisa bergetar.

2. Sebab-sebab orang yang bisa jatuh cinta
a. orang yang jatuh cinta karena mimpi
b. orang yang jatuh cinta pada pandangan pertama
Cinta jenis ini menjadi dua macam. Cinta yang pertama seseorang tiba-tiba jatuh cinta pada orang yang tak dikenalnya. Kedua cinta seorang lelaki pada seorang gadis yang namanya telah diketahui. Perbedaannya, hanya terletak pada keberlangsungan arus cinta. Apakah ia lambat ataukah cepat menghilang.
Catatan : seorang lelaki yang jatuh cinta pada pandangan pertama, lalu ia segera memut uskan untuk menjalin tali cinta dengannya, menunjukan bahwa lelaki tersebut sedit kesabarannya. Gampang berkeluh-kesah sifatnya, dan cepat bosan perangainya.
c. orang yang jatuh cinta karena setelah mengamati .
Ada sebagian orang yang tidak gampang jatuh cinta. Kecuali setelah mengamati dan menyelidiki keadaan orang yang hatinya. Cintanya tak gambang berkembang, kecuali usai melakukan pengamatan yang panjang, pertemuan yang intensif, dan proses pendekatan yang tidak pendek. Jenis cinta inilah kira-kira yang akan kukuh dan panjang usianya.
d. orang yang jatuh cinta karena sifat sang pujaan
sesungguhnya cinta mempunyai hukum tersendiri yang berlaku pada jiwa-jiwa. Cinta memiliki kekuasaan yang berjalan. Cinta memiliki perintah terhadap jiwa yang tak bisa ditentang. Cinta memiliki putusan yang tak bisa ditolak. Cinta memiliki hukum yang berlaku. Cinta memiliki ketaatan yang tak bisa ditawar. Cinta memiliki desakan yang tak bisa dibendung. Cinta bisa melunakkan segala yang keras, melonggarkan segala yang ketat, melenturkan segala yang kaku, menggoyahkan segala yang kukuh, mentawarkan segala yang masam, dan menghalalkan segala yang terlarang.
Mereka tak lagi melihat kebaikan sifat dan fisik orang lain, selain sang pujaan. Mereka tak mau berpaling dari sang pujaaan, meski sekejap. Mereka acuh kepada perkataaan orang yang menilai kekurangan sang pujaan. Hati dan pikiran mereka melewatkan segala criteria yang disebutkan orang lain tentang sifat-sifat yang mulia.

3. Cara-cara Mengungkapkan Cinta
a. mengungkapkan cinta melalui kata-kata kiasan
Langkah pertama yang bisa dilakukan seseorang dalam merengkuh tujuannya atau sang pujaan biasanya diungkapkan melalui ungkapan-ungkapan atau kata kiasan. Seperti membuat kata-kata yang roman atau bisa dikatakan untuk menaklukkan hati sang pujaan ,bisa juga dengan mengubah lagu,atau dengan memberikan teka teki pertanyaan.
b. mengungkapkan cinta melalui isyarat mata
Isyarat mata memiliki peranan yang sangat penting dalam mengungkapkan cinta. Contohnya menolak perintah dengan menggerakkan bola mata ke atas atau menerima perintah, mengedip-ngedipkan mata berarti bahagia, pandangan yang cukup lama berarti merasa ikut sedih dan bersimpati, Isyarat dengan mengerakkan pelupuk mata berarti ancaman, Mengarahkan biji mata ke satu arah, kemudian lalu mengalihkannya dengan cepat ke arah lain, menunjukkan adanya perhatian pada sesuatu yang membuatnya berpaling.
Isyarat ringan dengan ujung kedua mata berarti pertanyaan. Mengalihkan biji mata dari tengah ke sudut bagian dalam dengan cepat berarti penolakkan. Dan membelalakkan kedua biji mata berarti larangan.
Empat alat indra kita adalah pintu menuju hati dan jalan menuju jiwa. Dan mata adalah indra yang bisa menyampaikan petunjuk terkuat dan nyata. Mata adalah indra yang paling terkontrol kerjanya. Mata adalah pemimpin jiwa yang terpercaya. Lewat mata sifst-sifat manusia bisa diketahui perbedaannya.
Mata dapat menangkap objek hanya dengan melihatnya, bukankah kau bisa menglihat gerak mulut orang yang sedang berbicara dari kejauhan sebelum kau dengar suaranya. Bukankah pula kau tak bisa menangkap gerak dan suara secara berbarengan. Nah, hal itulah yang menunjukkan , sesungguhnya daya tangkap mata jauh lebih cepat ketimbang daya tangkap telinga.
c. mengungkapakan cinta melalui surat cinta
Cara lain yang kerap digunakan orang untuk menggungkapkan cintanya, ialah melalui surat. Dalam surat terdapat berbagai bentuk dan kandungan. Kalau anda hendak mengirim surat kepada dia yang anda cintai. Bikinlah surat itu dalam ukuran yang kecil saja. Dan tulislah kalimat-kalimatmu diatas kertas yang indah mempesona. Orang yang mengungkapkan cintanya melalui surat lantaran ia malu padanya, atau karena enggan berbicara langsung pada orang yang dikehendakinya.
Sesungguhnyalah kita merasa bahagia manakala surat kita telah sampai ketangan dia sang pujaan jiwa. Apalagi dia sudah membacanya. Kala dia membaca surat kita, kita merasa dia seolah-olah menyimak dengan seksama dan mendengarkan segala hasrat kita. Dan tatkala surat telah di jawab, dan kita pun telah membaca jawabannya. Betapa bahagianya kita.
d. mengungkapkan cinta melalui seorang perantara
Terkadang seseorang mempunyai rasa malu untuk mengungkapkan maksud hatinya yang telah lama ia pendam dan ingin segera mengungkapkannya tetapi hal itulah yang tak bisa membuat dia tidak bisa untuk mengungkapkan perasaannya. Sehingga ia meminta bantuan temannya dalam menyampaikan maksud hati.
e. mengunkapkan cinta melalui face to face(mengatakan langsung pada sang pujaan)

4. Tingkah Laku Yang Sedang Jatuh Cinta Terhadap Cintanya
a. orang yang memamerkan cintanya
Ada fenomena yang menarik yang bisa terjadi pada cinta. Yaitu fenomena orang memamerkan cintanya.Orang orang yang suka memamerkan cintanya, mereka begitu bangga menceritakan rahasia cintanya pada orang-orang yang dikenalnya. Sesungguhnya hal ini bukanlah kebiasaan mulia.
Ada banyak sebab, mengapa orang senang memamerkan cintanya Diantaranya, lantaran ia ingin tampil layaknya orang-orang yang sedang jatuh cinta. Ia ingin dimasukkan dalam kelompok mereka. Ada pula yang memamerkan cintanya, lantaran memang rasa cintanya terlalu menggelora. Sehingga rasa malu sirna dari dirinya .
b. orang yang merahasiakan cintanya
Diantara sebagian sifat orang yang dirundung cinta, ialah suka menyembunyikan perasaanya. Ia enggan mengaku kala ditanya. Ia berperangai seolah tidak sedang memendam cinta. Ia tampil serileks-rileksnya, supaya orang mengira bahwa ia tidak sedang di mabuk cinta. Ia enggan bila diajak ngomong perihal cinta. Padahal api cinta sedang membakar-bakar jiwanya.
Orang yang menyembunyikan cintanya. Mungkin karena ia khawatir atau malu, kalau-kalau orang lain tahu bahwa ia sedang dirundung cinta. Ia mengira, jatuh cinta adalah kelemahan yang tak pernah mendera orang yang beriman. Ia mengira jatuh cinta adalah galib bagi orang yang paham agama. Pendapat demikian tentu keliru adanya. Sebab, sesungguhnya sebagai muslim beriman, ia Cuma dititahkan untuk menjaga dirinya dari hal-hal yang diharamkan Alla Ta’ala, kala godaan datang menghampirinya. Mencintai keindahan dan membiarkan cinta bersemi bukanlah hal yang hina, apalagi dosa.
Alasan lain mengapa orang merahasiakan cintanya, karena ia sangat malu, kalau-kalau orang lain tahu bahwa dirinya sedang dirundung cinta. Dan sangat mungkin, bahwa orang merahasiakan cintanya tak kesampaian atau ditolak oleh sang pujaan. Karenanya ia berusaha mati-matian dalam menutupi rahasia cintanya, supaya orang lain terutama orang yang menjadi saingan cintanya tidak mentertawakan dirinya.

c. ketaatan pada sang pujaan sungguhnya salah satu keajaiban cinta ialah adanya ketaatan seorang pencinta kepada sang pujaan hatinya. Ia akan menyesuaikan wataknya dengan watak kekasihnya. Kerap kita saksikan, aroma cinta telah mengubah sesorang yang tadinya bertabiat kasar, jarang tersenyum, kaku, keras pendirian, mudah naik pitam, dan susah diajak negosiasi, menjadi lembut, murah senyum,lunak, fleksibel, tidak gampang naik pitam, dan mudah diajak kompromi.
Seseorang yang mengerti bahwa sang pujaan hati tidaklah menyukai orang yang cengeng dan gampang menangis, niscaya ia akan menyembunyikan segenap kesedihan dan kedukaan di hadapaqn sang pujaan. Dan mengiyakan segala tindakannya. Meski tindakannya itu melanggar hukum, sebenarnya. Perintah akan selalu ia taati. Ia tak mengingatkan kekasihnya kala berbuat kesalahan.
d. orang yang menentang keinginan sang pujaan
Adapula orang mencintai seseorang, demi melampiaskan nafsu syahwatnya. Mula-mula ia begitu sabar menuruti segala kemauan sang pujaan hati. Kepatuhan yang ia tunjukkan adalah alat untuk memenuhi segenap hasratnya pada sang pujaan.
Ia begitu sabar dan patuh pada keinginan sang pujaan. Dan berkat kesabaran dan kepatuhan itulah, pelan namun pasti, ia mulai bisa mendapatkan apa yang ia hasratkan pada sang pujaan.
Ya, ia mulai berani membangkang perintah sang pujaan. Sampai akhirnya, ketika kesempatan baik datang, ia segera pergi meninggalkan sang pujaan sendirian.
By. Ibnu Hazm El Andalusy
from yuniefz.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: