Sulaiman Al Fahim ,Abramovich baru di EPL


Seberapa Besar Kekayaan Sulaiman Al Fahim

Sepakbola Eropa baru saja tutup buku beberapa pekan yang lalu. Kini yang ramai adalah bursa transfer, perpindahan pemain. Salah satu klub yang paling banyak dibicarakan adalah Manchester City, Inggris.

Apa pasal? Dalam satu tahun terakhir ini, City jor-joran dalam membangun kekuatan sepakbola. Klub satu kota dengan Manchester United ini disokong oleh orang superkaya dari Dubai, Timur Tengah, Sulaiman Abdul Kareem Mohammad Al-Fahim. Dari namanya saja, kita sudah mengetahui ia adalah orang Islam.

Lebih dikenal dengan Sulaiman Al-Fahim saja, ia membeli City tahun lalu, atau tepatnya 1 September 2008. Nilai belinya? Ketika itu Al Fahim, melalui perusahaannya Abu Dhabi United Group for Development and Investment (ADUG) menggelontorkan dana sebesar 150 juta pounds (jika dikira-kira sama dengan Rp 2,8 trilyun—benar, dengan uang sebanyak itu, Anda bisa membuat beberapa buah kapal Titanic yang lain jika mau!).

Hanya beberapa jam kemudian, ia sudah membeli Robinho dari Real Madrid, Spanyol dengan harga transfer 32,5 juta pounds atau setara Rp 552 miliar. Di tengah musim, ia membeli tiga orang pemain bola yang lain Nigel De Jong, Craig Bellamy, dan Shay Given seharga 50 juta pounds atau kira-kira Rp. 837,7 miliar. Terbayang tentu, seberapa besar kekayaan yang dipunyai oleh Al-Fahim.

Sulaiman Al-Fahim lahir di Dubai, Uni Emirat Arab pada tahun 1977—jadi sekarang usianya paling tidak 32 tahun. Ketika lahir dia adalah seorang yatim piatu karena orang tua dan adiknya meninggal dalam sebuah kecelakaan dekat bandara Dubai. Ia pernah tinggal di AS untuk beberapa lama sampai ia meraih MBA dari Kogod School of Business, Washington DC.

Dia bergelut dalam bisnis properti pada usia 18 tahun, dan pada tahun 2005, perusahaan yang baru didirikannya telah menjadi satu-satunya perusahaan properti paling kaya di Timur Tengah. Dalam waktu yang singkat saja, ia menduduki peringkat ke-16 sebagai orang yang terkaya di Arab tahun ini.

Al-Fahim yang gemar menjalin hubungan dengan selebriti dunia seperti Pamela Anderson, Demi Moore dan Leonardo di Caprio ini disebut-sebut mempunyai kekayaan yang 30 kali lipat dari kekayaan yang dipunyai oleh Roman Abramovic, pemilik klub sepak bola Chelsea, yang juga gila bola. Selain di City, ia juga menjalin hubungan perkembangan sepakbola Dubai dengan klub Italia, Internazionale Milan.

Yang mengejutkan, pada 27 Mei 2009 kemarin, Al-Fahim juga membeli klub sepakbola Inggris lainnya, Porstmouth seharga 60 juta pounds atau setara dengan Rp. 986,7 milliar. Pekan lalu, satu pemain telah masuk ke CIty yaitu Gareth Barry dengan harga Rp. 18 juta pound atau Rp. 305 miliar! Sampai penutupan bursa transfer musim panas ini berakhir, yaitu 31 Agustus, diyakini Garry bukanlah pemain terakhir yang akan datang ke City of Manchester, stadion City. Saat ini, kekayaan Al-Fahim diprediksi mencapai US$1 trilyun! Silakan hitung sendiri seberapa banyak uang yang dimilikinya.

Sayangnya, uang sebesar itu telah terbukti lebih banyak dikucurkan untuk urusan kesenangan duniawi, Syeikh! (O ya, di negaranya, Al-Fahim juga digelari Syeikh). Sementara kita Muslim di Indonesia sini melihat, saudara-saudara kita di Iraq, Afghanistan, dan Palestina sekarat karena kelaparan! (sa/mrr/wkpd/bksn/tlgrph)

Diunduh dari http://eramuslim.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: