CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com – Dua astronot berhasil memasang perangkat terakhir sayap panel surya stasiun ke ruang angkasa internasional (ISS), Kamis (19/3). Misi ini merupakan misi utama Discovery yang bergabung dengan ISS.

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com — Pesawat ulang-alik ruang angkasa Discovery telah bergabung dengan stasiun ruang angkasa internasional (ISS). Salah satu misi Discovery adalah mengantarkan 1 set terakhir sayap panel solar yang akan membangkitkan energi ISS secara maksimal.

Discovery merapat ke ISS pada posisi 220 mil di atas wilayah Australia. “Selamat datang di ISS, Discovery, kami senang kalian berada di sini,” sambut Kapten ISS Mike Fincke.

Sebelum bergabung dengan ISS, Komandan Discovery Lee Archambault memandu gerakan rotasi 360 derajat pesawat ulang-alik ruang angkasa ini agar astronot ISS dapat mengabadikan gambar lambung Discovery. Meskipun terdapat gangguan sistem komunikasi dengan Discovery yang melakukan rotasi, awak ISS berhasil mengambil gambar Discovery yang menunjukkan tak terdapat kerusakan.

Gambar digital yang mencapai lebih dari 200 segera ditransmisikan ke bumi. Beberapa pakar akan menganalisis gambar tersebut untuk melacak apakah terdapat kerusakan pada Discovery setelah diluncurkan.

Hal itu dilakukan untuk mencegah terulangnya tragedi Columbia saat berupaya kembali ke Bumi pada 2003. Tragedi tersebut berlangsung setelah diketahui sebagian keping pelindung panas tangki bahan bakar Columbia hilang pada saat peluncuran.

Discovery akan menghabiskan waktu 8 hari di ISS dan awaknya akan melakukan 3 misi spacewalk. Discovery harus meninggalkan ISS pertengahan pekan depan mengingat pesawat ulang-alik angkasa Rusia yang diluncurkan 26 Maret mendatang akan bergabung dengan stasiun itu untuk mengantarkan 2 awak baru

diunduh dari http://www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: