Inflasi Zimbabwe


Wow! Inflasi Zimbabwe Melonjak 24.000%
Alih Istik Wahyuni – detikFinance

Harare, Zimbabwe – Bank Sentral Zimbabwe melaporkan inflasi tahunan negaranya melonjak hingga 24.470 persen. Ini adalah inflasi tertinggi di dunia, namun masih jauh di bawah perkiraan lembaga independen yang memperikirakan inflasi Zimbabwe mencapai 150.000 persen.

Dalam pengumuman pertama mengenai inflasi empat bulanannya, Gubernur Reserve Bank Gideon Gono mengatakan, inflasi yang merupakan ‘ketidakseimbangan makro ekonomi yang paling menghancurkan di dalam negeri’ ini berdampak pada semua sektor masyarakat.

Pada awal Oktober 2007, kantor pusat statistik negara setempat sebenarnya sudah menyatakan inflasi terakhir hanya di bawah 8.000 persen.

Namun pengumuman ini akhirnya menjadi pengumuman inflasi bulanan terakhir karena kemudian tidak ada barang-barang kebutuhan yang tersedia cukup di setiap toko untuk menghitung berapa ketersediaan barang-barang kebutuhan sebenarnya.

Tapi Gono mengkritik penghitungan inflasi dari lembaga independen sebagai ‘tebakan yang sangat ngawur dan keliru’ yang membuat kehancuran dalam perencanaan bisnis dan menghancurkan kredibilitas negara. Sementara ia menyebut gambaran dari kantor statistik negaranya sebagai “informasi yang sebenarnya”.

Bagaimanapun, sebagian besar masyarakat Zimbabwe nampaknya skeptis terhadap angka inflasi yang dikeluarkan kantor pusat statistik.

Seperti terlihat dari harga pangan yang dijual di supermarket. Dalam setahun, harga ayam bisa melonjak gila-gilan hingga lebih dari 263.000 persen menjadi sekitar 15 juta dolar Zimbabwe (setara US$ 3) per kilogram. Begitu juga harga telur yang naik tak terkendali sampai 153.000 persen dalam periode yang sama.

Peningkatan paling rendah terjadi pada harga gula yang ‘hanya’ naik 64.000 persen. Kenaikan-kenaikan seperti inilah yang membuat lembaga independen menduga total inflasi pangan di Zimbabwe bisa menyentuh 164.000 persen.

Tak hanya pangan, biaya sekolah pun bulan lalu naik sampai 600 persen, bensin makin langka dalam seminggu terakhir, harga sewa rumah dan akomodasi juga membumbung tinggi.

“Ya, inflasi kami memang yang tertinggi di dunia, tapi hal ini jangan sampai membuat kita malu akan kekurangaan kita,” kata Gono seperti dalam CNN.com yang dikutip detikFinance, Minggu (3/2/2008).

Menurutnya, dalam waktu dekat, baik individual ataupun perusahaan dapat menulis cek dengan batas maksimal 10 miliar dolar Zimbabwa. Sebelumnya hanya boleh maksimal 500 juta dolar Zimbabwe.

Zimbabwe memang negara yang tengah menghadapi kekurangan pasokan makanan, nilai mata uang yang hancur, krisis bensin dan krisis sebagian besar kebutuhan pokok sejak merdeka di tahun 1980.

Gono memerintahkan jajarannya untuk mengkaji solusi krisis tersebut sebelum turnamen Piala Dunia digelar di negara tetangganya, Afrika Selatan pada 2010.

“Saat seluruh dunia sedang berkumpul di selatan Afrika, jangan sampai ekonomi kita menjadi hal yang merusak pemandangan,” katanya.
DIUNDUH DARI DETIK FINANCY
(lih/nrl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: