Macam dan Penyebab Erosi


Erosi (macam, agen penyebab)

Erosi adalah lepasnya material padat (sedimen, tanah, batuan dan tertikel lain) dari batuan induknya oleh air, angin, es, gaya gravitasi atau organisme. Erosi oleh Air Erosi ini dapat terjadi dalam beberapa bentuk:

1. Splash Erosion: erosi oleh butiran air hujan yang jatuh ke tanah. Karena benturan butiran air hujan, partikel-partikel tanah yang halus terlepas dan terlempar ke udara.

2. Sheet Erosion: erosi oleh air yang jatuh dan mengalir di permukaan tanah secara merata sehingga partikel-partikel tanah yang hilang merata di permukaan tanah.  Permukaan tanah menjadi lebih rendah secara merata. Erosi ini terjadi bila permukaan tanah memiliki ketahanan terhadap erosi yang relatif seragam.

3. Riil Erosion: erosi oleh air yang mengalir di permukaan tanah dengan membentuk alur-alur kecil dengan kedalaman beberapa senti meter    . Erosi ini terjadi pada permukaan tanah yang landai dan memiliki daya tahan yang seragam terhadap erosi.

4. Gully Erosion: erosi oleh air yang mengalir di permukaan tanah yang miring atau di lereng perbukitan yang membentuk alur-alur yang dalam dan lebarnya mencapai beberapa meter, dan berbentuk “V”.Contoh  Gambar gully erosion 5. Valley erosion: erosi oleh air yang mengalir di daerah perbukitan yang membentuk lembah-lembah sungai atau lereng-lereng perbukitan. Alur atau lembah berbentuk berbentuk “V”. Erosi dominan secara vertikal. contoh gambar   6. Stream erosion: erosi oleh air dalam bentuk aliran sungai. Lembah sungai berbentuk “U”. Terjadi erosi lateral yang makin ke hilir makin dominan dan dapat membentuk aliran sungai bermeander. 7. Erosi oleh gelombang: erosi terjadi oleh gelombang laut yang memukul ke pantai. Erosi dapat dibedakan menjadi: • Erosi oleh pukulan gelombang yang memukul ke tebing pantai. Pukulan gelombang menyebabkan batuan pecah berkeping-keping. • Abrasi atau corrasi (abrasion / corrasion): erosi oleh material yang diangkut gelombang ketika gelombang memukul ke tebing pantai. Erosi oleh Angin Erosi ini terjadi oleh angin yang bertiup. Erosi ini terjadi di daerah yang tidak bervegetasi atau bervegetasi sangat jarang di daerah gurun atau pesisir. Erosi ini dapat dibedakan menjadi: 1. Deflasi: erosi oleh angin yang bertiup dan menyebabkan material lepas yang haalus terangkut. 2. Abrasi: erosi oleh material-material halus yang diangkut oleh angin ketika angin menerpa suatu batuan. Erosi oleh Es Erosi ini terjadi oleh gerakan massa es dalam bentuk gletser. Gletser dapat menyebabkan abrasi atau penggerusan oleh material-material yang diangkutnya; dapat menyebabkan retakan pada batuan karena terurut ketika gletser bergerak. Erosi karena Gravitasi Erosi karena gravitasi terjadi dalam bentuk gerakan tanah atau tanah longsor, yaitu gerakan massa tanah dan atau batuan menuruni lereng karena gaya gravitasi bumi. Gerakan tanah dapat terjadi dalam bentuk, antara lain: rayapan tanah, tanah longsor, atau jatuhan. Erosi oleh Organisme Erosi ini terjadi karena aktifitas organisme yang melakukan pemboran, penggerusan atau penghancuran terhadap batuan. Erosi ini disebut juga bioerosion.

About these ads

19 Tanggapan

  1. Knp sh g ada contoh erosinya, ,?
    q sbl n g dpt”
    apalagi guru q galak bgt
    please dong da conto” x Yaaaa!!!!

  2. tolong di kasih ciri-ciri yow tank’s

  3. koq ga ad gambar nya…??
    kasii donk,, please…

  4. sudah bagus dan jelas

  5. thasks bgettt bt artikelnya,q menambah pengetahuan q”.

  6. kok gx biza d save cieh , , ,
    jdie kyak mana mau nge-save na ? ? ? / ?

  7. trims buat seluruh koment nya .permintaan gambarnya udah saya penuhi

  8. knp ga da gambar sial sial sail………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!

  9. Makasih ya….
    sngat mmbantu!!!
    TRIM”S ^^

  10. ikh …
    knah gg ada nyebabnya ..
    , BT BT BT

  11. knp indonesia banyak yg terjadi erosi
    knp bukan negara yg lain
    yg kebanyakan melakukan yg porno
    ????????

  12. Bro, sangat bagus, cuman bisa tahu referensinya dari mana?

  13. kenapa gak ada gtambarnya,

    padahal itu yang penting

  14. knapa gk ada jawabannya dah ma gurunya galak banget lgi suka nyubit dah ma di puter lagi nyubit nya

  15. not bad

  16. tplong kasih penyebabnya donxx

  17. Npa tidak di sertakan dengan cara megatasinya

  18. habis aku baca2 blog juragan, sepertinya kuliahnya ambil geologi ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: